Kamis, 29 Oktober 2009

National Summit 2000 Undang 1.424 Stakeholders

JAKARTA - Gelaran akbar National Summit 2009 dimulai hari ini. Even yang diprakarsai Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta pemerintah itu siap menampung masukan dari seluruh stakeholders atau pemangku kepentingan.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, National Summit akan dihadiri 1.424 stakeholders, mulai dari pejabat pemerintah pusat, pejabat pemerintah daerah, anggota Kadin, DPR, DPRD, korporasi, akademisi, hingga LSM. "Pemerintah akan menampung semua masukan dari peserta,'' ujarnya di Kantor Menko Perekonomian kemarin (28/10).

Menurut Hatta, gelaran National Summit yang mengambil tema "Mewujudkan Indonesia Sejahtera, Adil, dan Demokratis" itu merupakan instrumen yang akan digunakan dalam finalisasi program pemerintah, mulai program 100 hari, setahun, hingga lima tahun ke depan. "Dengan masukan yang ada, program pemerintah diharapkan bisa lebih konkret,'' katanya.

Dalam even yang akan dilaksanakan mulai 29 - 31 Oktober itu, proses diskusi akan dibagi ke dalam tiga kelompok besar, yakni Ekonomi, Kesejahteraan Rakyat, dan Hukum. Khusus di bidang ekonomi, sidang komisi akan terbagi dalam enam sub, yakni pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan, ketahanan energi, pengembangan UMKM, revitalisasi industri dan jasa, serta transportasi.

Hatta mengatakan, misi diadakannya National Summit adalah untuk merespons keluhan banyak kalangan, terutama pengusaha, mengenai kendala kurangnya infrastruktur transportasi maupun energi di Indonesia. ''Kami ingin menampung keluhan yang ada, menganalisisnya, untuk kemudian mencari solusi atas kendala-kendala tersebut,'' jelasnya. (owi/fat/jp.com/sfl)

Tidak ada komentar: