Selasa, 27 Oktober 2009

Mensos akan merevitalisasi program sosial

JAKARTA (Antara): Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al-Jufri akan merevitalisasi program-program penanganan masalah sosial yang selama ini sudah dijalankan.


"Penekanannya pada penanganan anak dan lansia terlantar serta komunitas adat terpencil. Program-program untuk penanganan masalah ini akan diperkuat," katanya sebelum membuka pameran Kesetiakawanan Sosial Nasional di Balai Sidang Jakarta, siang ini.

Dia juga akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di lingkungan Departemen Sosial, termasuk para pekerja sosial dan relawan, supaya mereka bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Relawan saat ini sudah ada, Taruna Siaga Bencana atau Tagana juga ada. Jumlahnya akan ditambah. Semangat kerelawanan juga akan terus ditingkatkan supaya mereka punya komitmen kuat untuk melayani masyarakat," tuturnya.

Selanjutnya, Salim Segaf mengatakan pihaknya akan mengupayakan peningkatan alokasi anggaran untuk penanganan masalah sosial yang hingga kini masih minim.

Dia juga akan memperkuat jejaring kerja sama antarinstansi yang menangani program penanggulangan kemiskinan serta lembaga dan kelompok masyarakat yang bergerak di bidang sosial.

Pelibatan lembaga swadaya masyarakat dan dunia usaha dalam berbagai program penanganan masalah sosial yang dijalankan, kata dia, akan mempercepat pencapaian target pembangunan kesejahteraan sosial.

"Dan pada masa-masa ini tentu kami akan ikut terlibat dalam penanganan pascabencana di Sumatra Barat. Lusa saya akan ke sana untuk meninjau," demikian Salim Segaf Al-Jufri.(yn/antara/bisnis.com/s)

Tidak ada komentar: